Saturday, November 19, 2016

Harga Sewa Karton Virtual Telah Mencapai Rp 239 Ribu Bulan

Di era digital ini, kebutuhan perkantoran telah berubah menjadi lebih fleksibel dan murah.

Oleh sebab itu, virtual office atau perkantoran virtual dan co-working space menjadi pilihan para pebisnis baik pemula maupun menengah untuk menjalankan usahanya.

Hasil survei Lamudi memperlihatkan, keuntungan terbesar menggunakan jasa ini adalah fleksibilitas waktu dan tempat.

Untuk banyak bisnis baru, baik start up lokal maupun perusahaan asing yang masuk ke Indonesia, kelangsungan bisnis masih sulit diprediksi.

Terlebih untuk sampai pada tahap menandatangani kontrak jangka lama dengan uang muka guna menyewa ruangan perkantoran fisik.

Regus, salah satu penyedia layanan jasa perkantoran virtual mengakui perkantoran virtual dan co-working space memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kantor konvensional.

"Kalau sewa perkantoran biasa atau konvensional itu kan nggak bisa jangka pendek jadi otomatis terikat sedangkan kalau di Regus bisa bulanan, harian, dan bahkan jam-jaman sampai tahunan," ujar Country Manager Regus Indonesia Andy Harsanto, di Jakarta, Jumat (18/11/2016).

Untuk harga, perkantoran maya dan co-working space lebih relatif dan kompetitif dengan kantor-kantor konvensional.

Harga jangka pendek, lebih tinggi daripada jangka panjang karena ada ongkos tertentu yang mesti dibayarkan.

Kendati demikian, kompetisi harga antara dua jenis perkantoran tersebut dengan kantor konvensional hanya bisa dilihat dalam satu lokasi saja.

"Misalnya begini, di Menara BCA dengan di Kuningan ya berbeda karena beda lokasi. Tapi kalau sama di gedung itu satunya dijalankan oleh Regus dan satunya sendiri itu bisa sama atau lebih murah," tambah Andy.

Di Regus, semua produk layanan jasanya dibanderol Rp 239.000 per orang per bulan. Harga tersebut sudah termasuk fasilitas manajemen kantor seperti ketersediaan cleaning service, dan resepsionis.

"Kami juga menawarkan layanan untuk semua. Kami mengelola semua fasilitas manajemennya. Penyewa tinggal masuk nggak perlu investasi di muka, langsung masuk, pakai kantornya, dan bayar biaya bulanannya," pungkas Andy.

1 comment: